Jumat, 21 Oktober 2011

Konsumsi Konven vs Islam


Kebutuhan seseorang dalam memilih alokasi sumberdaya akan melahirkan fungsi permintaan. Dalam ekonomi konvensional, konsumen diasumsikan selalu bertujuan untuk memperoleh kepuasan (utility) dalam kegiatan konsumsinya. Dan jika menggunakan teori konvensional, konsumen diasumsikan selalu menginginkan tingkat kepuasan yang tertinggi. Konsumen akan memilih mengonsumsi barang A atau B tergantung pada tingkat kepuasan yang diberikan oleh kedua barang tersebut.
Dalam ajaran Islam konsumsi yang islami selalu berpedoman pada ajaran islam, diantarannya perlu memperhatikan keadaan orang lain. Hal ini berkaitan erat dengan tujuan konsumsi itu sendiri, dimana seorang muslim akan lebih mempertimbankan  maslahah daripada utilitas. Pencapaian maslahah merupakan tujuan dari syariat islam itu sendiri (maqasid syariah), yang tentu saja harus menjadi tujuan dari kegiatan konsumsi.
ASPEK KEGIATAN KONSUMSI
Konvensional
Islam
·         Tingkat kepuasan
·         Batasan Anggaran
·         Maslahah

Mashlahah sendiri diartikan sebagai segala bentuk keadaan baik material (lahiriah, jasmaniah) maupun non material (bathiniah, ruhaniyah) yang mampu meningkatkan kedudukan manusia sebagai mahluk yang paling mulia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar