Senin, 10 November 2014

Bentuk Pasar (Persaingan Monopolistik)

Ref : Noor Fahd, Ekonomi Islam jilid 1, Madrasah Aliyah Keagamaan (MAK) Darunnajah.




Pasar persaingan monopolistik adalah bentuk pasar yang paling dekat dengan kenyataan untuk kebanyakan barang dan jasa sehari–hari. Seperti dalam pasar persaingan sempurna, pasar persaingan monopolistik juga terdiri atas banyak pembeli dan banyak penjual. Akan tetapi, berbeda dengan pasar persaingan sempurna, produk yang dihasilkan oleh penjual atau produsen tidak homogen, artinya tidak persis antara satu penjual atau produsen dengan yang lainnya. Artinya, terdapat diferensiasi atau perbedaan produk, dan setiap penjual memiliki sedikit kekuatan untuk mempengaruhi harga berdasarkan perbedaan produk dibandingkan dengan produsen sejenis lainnya.

Adapun ciri–ciri pasar persaingan monopolistik adalah sebagai berikut :
a)      Diferensiasi produk
Produk yang ditawarkan dalam pasar persaingan monopolistik memiliki perbedaan ciri meskipun hanya sedikit, karena output masing–masing perusahaan bersubstitusi dekat. Diferensiasi biasanya bersumber dari kualitas produk, ukuran, dan lokasi penjualan.

b)     Persaingan bukan harga
Karena adanya perbedaan produk, maka biasanya perusahaan menggunakan perbedaan tersebut untuk meningkatkan permintaan. Hal ini dapat dilakukan dengan berpromosi. Pada banyak kasus, harga tidak lagi menjadi alat bersaing yang utama.

c)      Tidak saling mempengaruhi
Efek ekonomi dari suatu perusahaan tidak mempengaruhi suatu industri secara keseluruhan, sehingga perilaku satu  perusahaan dapat diabaikan.

d)     Terdapat sejumlah besar perusahaan dan kebebasan untuk keluar masuk
Ciri ini seperti yang terjadi pada pasar persaingan sempurna, yakni tidak ada halangan bagi perusahaan untuk keluar masuk pasar. Bahkan dengan produk yang terdiferensiasi, perusahaan atau penjual dapat menciptakan pasarnya sendiri, dan tidak ada perusahaan lain yang dapat menghalangi.

Intinya, ciri penting dari pasar persaingan monopolistik ini adalah perlunya setiap produsen menyampaikan informasi kepada pembeli mengenai perbedaan atau diferensiasi dari produknya, keunggulannya dibanding produk lain, iklan, diskon, dan lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar