Ref : Noor Fahd, Ekonomi Islam jilid 1, Madrasah Aliyah Keagamaan (MAK) Darunnajah.
Pasar persaingan monopolistik adalah bentuk pasar yang
paling dekat dengan kenyataan untuk kebanyakan barang dan jasa sehari–hari.
Seperti dalam pasar persaingan sempurna, pasar persaingan monopolistik juga terdiri
atas banyak pembeli dan banyak penjual. Akan tetapi, berbeda dengan pasar
persaingan sempurna, produk yang dihasilkan oleh penjual atau produsen tidak
homogen, artinya tidak persis antara satu penjual atau produsen dengan yang
lainnya. Artinya, terdapat diferensiasi atau perbedaan produk, dan setiap
penjual memiliki sedikit kekuatan untuk mempengaruhi harga berdasarkan
perbedaan produk dibandingkan dengan produsen sejenis lainnya.
Adapun ciri–ciri pasar persaingan monopolistik adalah
sebagai berikut :
a) Diferensiasi produk
Produk yang ditawarkan dalam pasar persaingan
monopolistik memiliki perbedaan ciri meskipun hanya sedikit, karena output
masing–masing perusahaan bersubstitusi dekat. Diferensiasi biasanya bersumber
dari kualitas produk, ukuran, dan lokasi penjualan.
b) Persaingan bukan harga
Karena adanya perbedaan produk, maka biasanya perusahaan
menggunakan perbedaan tersebut untuk meningkatkan permintaan. Hal ini dapat
dilakukan dengan berpromosi. Pada banyak kasus, harga tidak lagi menjadi alat
bersaing yang utama.
c) Tidak saling mempengaruhi
Efek ekonomi dari suatu perusahaan tidak mempengaruhi
suatu industri secara keseluruhan, sehingga perilaku satu perusahaan dapat diabaikan.
d) Terdapat sejumlah besar perusahaan dan kebebasan untuk
keluar masuk
Ciri ini seperti yang terjadi pada pasar persaingan
sempurna, yakni tidak ada halangan bagi perusahaan untuk keluar masuk pasar.
Bahkan dengan produk yang terdiferensiasi, perusahaan atau penjual dapat
menciptakan pasarnya sendiri, dan tidak ada perusahaan lain yang dapat
menghalangi.
Intinya,
ciri penting dari pasar persaingan monopolistik ini adalah perlunya setiap
produsen menyampaikan informasi kepada pembeli mengenai perbedaan atau
diferensiasi dari produknya, keunggulannya dibanding produk lain, iklan, diskon,
dan lainnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar