Minggu, 09 November 2014

KONSEP PERMINTAAN

Ref : Noor Fahd, Ekonomi Islam Jilid 1, Madrasah Aliyah Keagamaan (MAK) Darunnajah.


Permintaan terhadap barang atau jasa didefinisikan sebagai : orang bersedia membeli sejumlah barang atau jasa pada tingkat  harga dan periode waktu tertentu. Pada definisi tersebut digunakan kalimat aktif : “orang yang bersedia membeli”. Hal ini memberikan penekanan pada kegiatan konsumsi yang dilakukan secara aktif  oleh masyarakat yang dipengaruhi oleh tingkat harga.  

Sedangkan kata “bersedia”  mengandung makna bahwa konsumen memiliki keinginan untuk membeli suatu barang atau jasa, dengan kata lain dapat dikatakan bahwa konsumen memiliki “preferensi” terhadap barang atau jasa tersebut. Pada titik ini, konsumen juga memiliki kemampuan berupa uang atau pendapatan untuk membeli dan memenuhi keinginannya. Kemampuan ini sering kali disebut dengan istilah daya beli. Jadi konsep permintaan terhadap barang dan jasa hanya memperhatikan preferensi dan daya beli konsumen sekaligus.

A. Hukum Permintaan.



Sebelum lebih jauh dalam pembahasan ini, mari kita ketahui tentang faktor apa saja yang mempengaruhi suatu permintaan.
Besar kecilnya kuantitas atau banyaknya barang dan jasa yang diminta oleh konsumen dipengaruhi oleh banyak faktor. Yang paling utama adalah harga barang itu sendiri. Faktor lainnya adalah pendapatan masyarakat, harga barang yang sejenis, serta selera masyarakat. Perilaku umum yang terjadi di pasar adalah semakin tinggi harga suatu barang, maka semakin kecil permintaan terhadap barang tersebut. Pernyataan ini menerangkan hubungan antara permintaan suatu barang dengan harga barang tersebut, atau dikenal dengan “Hukum Permintaan”.

Bagaimana dengan pengaruh pendapatan, selera dan harga barang lain ?
Dalam merumuskan hukum permintaan, diasumsikan bahwa permintaan terhadap barang dan jasa hanya dipengaruhi oleh harga saja, tanpa dipengaruhi dengan faktor lainnya. Faktor lainya selain harga dianggap tetap, asumsi ini dikenal dengan istilah Ceteris Paribus.
Cateris Paribus merupakan suatu asumsi merumuskan sesuatu dengan suatu faktor yang ada dan menganggap faktor lain sama atau tetap.



FAKTOR - FAKTOR YANG MEMPENGARUI PERMINTAAN
1.    Pendapatan
Semakin tinggi pendapatan seseorang, maka permintaan terhadap suatu barang akan meningkat, walaupun harga barang tersebut tidak berubah. Dan semakin rendah pendapatan seseorang maka akan semakin berkurang permintaan terhadap suatu barang.
Perubahan pendapatan akan menyebabkan perubahan permintaan pada sebuah barang. Jika barang tersebut adalah barang normal, maka dengan kenaikan pendapatan akan menyebabkan naiknya jumlah barang yang diminta pada harga tertentu, tapi sebaliknya jika barang tersebut merupakan barang inferior, maka kenaikan pendapatan akan menyebabkan turunnya jumlah yang diminta untuk setiap harga tertentu.
 
2.    Harga barang lain yang terkait
Faktor lain yang mempengaruhi adalah harga barang lain yang terkait dengan barang yang sedang dianalisis. Jika barang tersebut barang substitusi, maka kenaikan harga barang substitusinya akan menyebabkan kenaikan permintaan. Tetapi jika barang tersebut merupakan barang komplementer, maka kenaikan harga barang tersebut akan menyebabkan terjadinya penurunan permintaan. Contoh: permintaan akan susu cair akan meningkat apabila harga susu bubuk naik.

3.    Selera
Hal lain yang mempengaruhi permintaan adalah selera. Hal ini biasanya dipengaruhi oleh tren atau model pada waktu tertentu. Contoh : permintaan terhadap sepatu olahraga dengan alas tipis sekarang ini semakin rendah, sebaliknya sepatu olehraga dengan alas tebal (Adidas, Nike, dan lain-lain) semakin meningkat. Hal ini terutama karena ada perubahan selera.

4.    Jumlah Penduduk
Semakin besar jumlah penduduk di suatu daerah, akan semakin banyak permintaan terhadap suatu produk di daerah tersebut. Contoh : permintaan beras di Indonesia setiap tahunnya selalu naik. Kenaikan permintaan akan beras dipengaruhi oleh kenaikan jumlah penduduk Indonesia, sehingga jumlah beras yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan pun semakin banyak.
 






 




 



 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar