Ref : Noor Fahd, Ekonomi Islam Jilid 1, Madrasah Aliyah Keagamaan (MAK) Darunnajah.
4. Kondisi Alam
Kondisi alam, seperti banjir dan gempa bumi bias mengakibatkan penawaran barang tertentu berkurang, khususnya barang hasil pertanian.
Penawaran
terhadap barang atau jasa dapat didefinisikan sebagai : orang yang bersedia
menjual sejumlah barang atau jasa pada tingkat harga dan periode waktu
tertentu. Perbedaan definisi penawaran dengan definisi permintaan hanya
terletak pada satu kata saja yaitu “membeli” dan “menjual”. Seperti halnya dalam permintaan,
analisis penawaran juga mengasumsikan suatu periode waktu tertentu dan faktor
penentu penawaran selain harga dianggap tidak berubah atau konstan (Cateris
Paribus).
Hubungan
antara jumlah penawaran (quantity supplied) dengan harga barang adalah searah.
Jika harga barang tinggi, maka akan lebih banyak orang yang melihat potensi
mendapatkan keuntungan dengan menjual barang yang diproduksi atau dimilikinya.
Sehingga jumlah penawaran pun tinggi. Sebaliknya bila harga turun, maka jumlah
penawaran pun akan turun. Lebih sedikit orang yang memperoleh keuntungan dati
harga yang rendah. Sedangkan mereka yang tidak memperolah keuntungan dari harga
yang rendah akan menunda penjualan, akibatnya jumlah penawaran di pasar pun
berkurang.
Faktor
– faktor yang mempengaruhi penawaran
1.
Biaya
dan Teknologi
Jika
penerapan teknologi baru yang mengakibatkan biaya produksi setiap unit lebih
rendah, maka akan meningkatkan penawaran. Hal yang sama akan terjadi bila sistem
manajemen yang diterapkan mampu mempertinggi efesiensi produksi, penawaran akan
meningkat atau kurva penawaran akan bergeser ke kanan. Artinya, dengan tingkat
harga tertentu yang berlaku di pasar, jumlah barang yang ditawarkan lebih
banyak, karena biaya produksi lebih rendah.
2.
Jumlah
Penjual
Jumlah
penjual memiliki dampak langsung terhadap penawaran. Makin banyak jumlah
penjual yang mampu menjual pada tingkat harga tertentu, maka penawaran akan
semakin tinggi.
3.
Dugaan
tentang Masa Depan
Aspek
dugaan atau ekspektasi terhadap masa depan mencakup dugaan mengenai perubahan
harga. Misalnnya, jika penjual menduga bahwa harga barangnya akan meningkat di
masa depan, ia akan mengurangi penawarannya pada saat ini. Akibatnya penawaran
berkurang. Hal ini dilarang oleh Nabi, karena mengakibatkan harga di pasar
melonjak.
Kondisi alam, seperti banjir dan gempa bumi bias mengakibatkan penawaran barang tertentu berkurang, khususnya barang hasil pertanian.
Dalam
menganalisis penawaran, perlu dibedakan antara penawaran (supply) dan jumlah
penawaran (quantity supplied). Perbedaan di antara keduanya sama seperti kita
membedakan antara permintaan (demand) dan jumlah permindaan (quantity
demanded). Secara ringkas dapat dikatakan bahwa :
Perubahan
pada variabel lain di luar harga barang atau jasa akan mengakibatkan perubahan
penawaran. Hal ini tercermin dalam grafik dalam pergeseran kurva penawaran,
baik ke atas maupun ke bawah.
Seperti permintaan,
penawaran terhadap suatu barang tidak hanya dipengaruhi oleh harga barang.
Banyak faktor lain yang mempengaruhi penawaran suatu barang. Perubahan faktor
lain akan menyebabkan kurva penawaran bergeser. Arah pergeseran, ke atas atau
ke bawah tergantung pada efek perubahan masing-masing variable terhadap jumlah
penawaran pada tingkat harga tetap.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar